Menu

Mode Gelap

Blog · 5 Jun 2024 WIB ·

7 Fakta Menarik Negara Polandia. Nomer 3 Paling Mengejutkan


 Old city center view with Adam Mickiewicz monument, St. Mary's Basilica and birds flying in Krakow on the morning Perbesar

Old city center view with Adam Mickiewicz monument, St. Mary's Basilica and birds flying in Krakow on the morning

Polandia seringkali dikenal dengan alam yang menakjubkan, situs bersejarah, dan pierogi yang lezat. Namun, ada lebih banyak hal yang dapat diungkap tentang negara ini.

Mari kita simak fakta-fakta menarik tentang Polandia yang akan membuat Anda kagum dan siap untuk menjelajahinya!

Aerial view of the Teutonic castle in Malbork

Keindahan Arsitektur dan Harta Karun Bawah Tanah

Tahukah Anda bahwa Polandia memiliki Kastil Malbork, benteng Teutonik terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Kastil megah ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan Polandia sendiri memiliki 15 situs menakjubkan lainnya dengan predikat serupa!

Selain kastil, Polandia juga memiliki Tambang Garam Wieliczka berusia 800 tahun, salah satu yang tertua di dunia.

Ketika Anda menyusuri lorong tambang sejauh 135 meter di bawah permukaan tanah, Anda akan menemukan keajaiban berupa ruang, patung, lampu gantung, dan bahkan seluruh kapel yang semuanya diukir dari batuan garam!

Tambang garam ini tak hanya menjadi saksi bisu produksi garam sejak abad ke-13 hingga tahun 2007, namun juga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Gudang Para Developer Top Dunia

Barisan terdepan pemrogram dunia dipenuhi oleh developer asal Polandia. Mereka menjuarai kompetisi penting seperti TopCoder, Google Code Jam, Facebook Hacker Cup, atau Capture the Flag (CTF).

Tak perlu diragukan lagi keahlian programmer seperti Łukasz Sentkiewicz (Sky_) atau Przemysław Dębiak (Psyho)!

Selain itu, mahasiswa Polandia juga kerap menjadi juara Olimpiade Informatika tingkat dunia.

Startup Polandia yang Mendunia

Startup Polandia telah lama menarik perhatian pengamat global. Inovasi mereka menuai banyak apresiasi.

Berikut beberapa perwakilan startup Polandia yang sukses secara global:

  • Brainly: Platform pendidikan
  • DocPlanner: Sistem penjadwalan kunjungan medis – jembatan internet antara dokter dan pasien
  • Kontakt.io: Produsen suar pendeteksi offline (dapat diintegrasikan dengan Marketing Automation untuk sinergi toko online-offline)
  • Atsora: Alat komunikasi untuk perusahaan keuangan untuk terhubung dengan usaha kecil menengah
  • VoicePin: Aplikasi identifikasi suara
  • Husarion: Pelopor di bidang robotika – Anda bisa membangun robot sendiri!
  • Saule Technologies (pendiri Olga Malinkiewicz): Solusi energi terbarukan yang inovatif, memperkenalkan perovskit – bahan praktis dan elastis yang mengumpulkan energi matahari.
  • Tylko: Aplikasi yang memungkinkan Anda mendesain furnitur – dari awal hingga akhir
  • SALESmanago: Perangkat lunak Marketing Automation, menawarkan fitur unik (seperti SALESmanago Copernicus – Machine Learning & AI, integrasi dengan suar untuk pelacakan online, pemasaran automasi anonim, dan mesin pengambil keputusan real-time untuk pemasaran multichannel). Pada Februari 2016, perusahaan ini meraih pendanaan $6 juta dari 3TS Capital Partners. Pada tahun 2015, SALESmanago menghasilkan pertumbuhan pendapatan lebih dari 200% di tahun 2015, menjadikan mereka salah satu perusahaan SaaS dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

 

Satu-satunya Negara Eropa yang Lolos dari Krisis

Fakta mengejutkan ini menarik perhatian banyak komentator asing. Polandia menjadi surga bagi para investor.

Dalam artikel Business Insider, Holmes menunjukkan kelanjutan pembangunan Polandia: negara pasca-komunis ini menjadi salah satu negara terkaya di Eropa, bersama dengan Inggris, Prancis, Jerman, dan Spanyol.

piwnica swidnicka restaurant wroclaw poland

Jejak Sejarah dan Kuliner Legendaris

Ingin mencicipi hidangan di restoran tertua di Eropa? Datanglah ke Wrocław, Polandia, dan Anda akan menemukan Piwnica Swidnicka yang berdiri sejak tahun 1275.

Restoran ini masih beroperasi hingga saat ini, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman bersantap sambil menelusuri sejarah kuliner Polandia.

Fakta menarik lainnya adalah masyarakat Polandia menikah pada usia yang terbilang muda di Eropa, yaitu sekitar 25-27 tahun. Jadi, jika Anda memiliki teman orang Polandia yang berusia pertengahan 20-an dan tengah menjalin hubungan serius, bersiaplah untuk menghadiri pesta pernikahan yang tak terlupakan!

Warsawa Hampir Hancur Total Selama Perang Dunia II

Kota Tua di Warsawa yang Anda lihat hari ini bukan sepenuhnya asli. Warsawa dibombardir dan dihancurkan secara efektif oleh Nazi Jerman pada tahun 1944 selama Perang Dunia II.

Orang Polandia membangun kembali kota mereka setelah perang menggunakan lukisan rinci Bernardo Bellotto.

Saat ini, Anda masih dapat melihat bangunan di Kota Tua Warsawa yang terlihat seperti pada abad ke-14, dan ini semua merupakan bukti kekuatan dan ketahanan luar biasa rakyat Polandia.

Vodka Berasal dari Polandia

Fakta tentang asal-usul vodka ini memang masih diperdebatkan dengan sengit oleh orang Rusia. Namun, secara umum dipercaya bahwa vodka berasal dari Polandia.

Penyebutan pertama minuman beralkohol ini ditemukan dalam dokumen pengadilan Polandia pada tahun 1405. Vodka pada awalnya digunakan sebagai obat.

Polandia telah memproduksi minuman terkenal ini sejak Abad Pertengahan dan hingga saat ini, Polandia masih menjadi salah satu negara penghasil vodka terbaik di dunia, dengan produksi sekitar 260 juta liter per tahun.

Polandia adalah negara maju dengan potensi luar biasa. Negara ini memiliki sistem pendidikan yang berkualitas tinggi, tenaga kerja yang terampil, ekonomi yang berkembang pesat, dan banyak hal lain untuk ditawarkan kepada pengunjung dan investor. Jika Anda mencari negara yang dinamis dan menarik untuk dikunjungi atau berinvestasi, Polandia adalah pilihan yang tepat.

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Ini Rata-rata Gaji Lulusan S1 di Indonesia

6 July 2024 - 12:02 WIB

Kisah WNI di Luar Negeri, Anti Gengsi Penting Gaji Tinggi

5 July 2024 - 15:21 WIB

Sahabat Binamandiri dalam perjalanan menuju Kroasia

Tips Jadi Bartender Level Dunia

3 July 2024 - 13:45 WIB

Ini Jenjang Karir Kitchen Staff. Yuk Simak!

3 July 2024 - 09:42 WIB

Mau Jadi Barista di Luar Negeri? Ini Tipsnya!

27 June 2024 - 13:44 WIB

Kerja di Jerman Makin Mudah dengan Chancenkarte. Ini Caranya!

26 June 2024 - 14:44 WIB

Trending di Blog