Menu

Mode Gelap

News · 9 Mar 2024 WIB ·

Indonesia Jajaki Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan dengan Oman


 Indonesia Jajaki Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan dengan Oman Perbesar

Pemerintah Indonesia sedang menjajaki kerja sama di bidang ketenagakerjaan dengan Pemerintah Oman, sebuah langkah yang terungkap dalam pertemuan bilateral antara Menteri Ketenagakerjaan Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri Oman.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, kerja sama ini meliputi hubungan ketenagakerjaan, hukum dan perundang-undangan ketenagakerjaan, pengembangan kapasitas sumber daya, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Ia berharap pertemuan ini dapat membuka jalan bagi kedua negara untuk mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan di sektor ketenagakerjaan.

Dalam pertemuan tersebut, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa Indonesia telah menggunakan beberapa skema penempatan untuk pekerja migrannya, termasuk G to G (Government to Government), P to P (Private to Private), inter corporate transfer, dan penempatan mandiri. Sebagai upaya perlindungan, Pemerintah Indonesia menetapkan sejumlah persyaratan bagi negara tujuan penempatan, seperti perlindungan tenaga kerja asing di semua sektor, perjanjian tertulis dengan Pemerintah RI, sistem jaminan sosial, serta integrasi sistem antara Pemerintah Indonesia dengan negara penempatan.

Ida Fauziyah juga menyoroti bonus demografi yang sedang dialami Indonesia, di mana penduduk usia produktif mendominasi populasi secara keseluruhan. Untuk mengoptimalkan potensi ini, Pemerintah Indonesia, melalui Kemnaker, terus memberdayakan kompetensi dan daya saing SDM Indonesia melalui pelatihan vokasi.

Dia juga mengusulkan kerja sama di bidang pelatihan pada kejuruan yang potensial dan bidang pekerjaan yang sedang berkembang di Oman melalui program pertukaran pelatihan.

Pemerintah berharap kerja sama ini dapat direalisasikan melalui pertukaran informasi, kunjungan, comparative study, penyelenggaraan seminar dan konferensi, proyek bersama, bantuan teknis, dan pertukaran tenaga ahli. Ida Fauziyah berharap kerja sama antara kedua negara dapat segera direalisasikan, berjalan lancar, dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Freeport Buka Lowongan Kerja. Gajinya Hingga Puluhan Juta per Bulan!

17 May 2024 - 13:53 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

17 May 2024 - 13:45 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

PELNI Buka Loker Besar – Besaran. Ini Syaratnya!

11 May 2024 - 11:49 WIB

Kepala PT Pelni Cabang Pangkalan Bun, Rony Abdullah (dua dari kiri) foto bersama staffnya di depan Kantor Pelni Cabang Pangkalan Bun. (FOTO: DANANG | borneonews)

Setelah Ferienjob Jerman, Kini Magang Hungaria yang Dilaporkan Bareskrim

8 May 2024 - 15:32 WIB

Ilustrasi Mahasiswa | Foto oleh Thư Tiêu

KAI Buka Rekrutmen Besar – Besaran. Cek Syaratnya!

8 May 2024 - 14:25 WIB

ilustrasi pramugari kereta api (kai.id)

Lion Grup Buka Lowongan Pramugara dan Pramugari

8 May 2024 - 14:15 WIB

Ilustrasi pramugari Lion Group (Syanti Mustika/detikTravel)
Trending di News