Menu

Mode Gelap

News · 7 Mar 2024 WIB ·

Jemput Peluang Emas di Tengah Penuaan Populasi Global, Ajakan dari Menaker


 Jemput Peluang Emas di Tengah Penuaan Populasi Global, Ajakan dari Menaker Perbesar

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dominasi jumlah penduduk usia produktif merupakan potensi yang dapat berubah menjadi bencana demografi jika tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja yang memadai, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ia menekankan bahwa saat ini terdapat banyak kesempatan kerja di luar negeri, terutama karena banyak negara mengalami penuaan populasi dan membutuhkan tenaga kerja muda untuk mengisi bidang pekerjaan tertentu. Menurutnya, ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan, baik bagi masyarakat Indonesia maupun negara-negara penerima.

Ida Fauziyah juga menyoroti minat negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi terhadap tenaga kerja Indonesia, yang menunjukkan potensi penempatan yang besar. Ia mendorong untuk menjemput peluang emas ini dengan efektif, dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

Pekerja Migran Indonesia (PMI) juga dianggap memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dan memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan negara. Untuk mengoptimalkan peluang ini, perlu persiapan yang matang untuk menyelaraskan kompetensi PMI dengan kebutuhan negara tujuan serta memastikan proses penempatan dilakukan dengan baik baik di dalam maupun di luar negeri.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Freeport Buka Lowongan Kerja. Gajinya Hingga Puluhan Juta per Bulan!

17 May 2024 - 13:53 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

17 May 2024 - 13:45 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

PELNI Buka Loker Besar – Besaran. Ini Syaratnya!

11 May 2024 - 11:49 WIB

Kepala PT Pelni Cabang Pangkalan Bun, Rony Abdullah (dua dari kiri) foto bersama staffnya di depan Kantor Pelni Cabang Pangkalan Bun. (FOTO: DANANG | borneonews)

Setelah Ferienjob Jerman, Kini Magang Hungaria yang Dilaporkan Bareskrim

8 May 2024 - 15:32 WIB

Ilustrasi Mahasiswa | Foto oleh Thư Tiêu

KAI Buka Rekrutmen Besar – Besaran. Cek Syaratnya!

8 May 2024 - 14:25 WIB

ilustrasi pramugari kereta api (kai.id)

Lion Grup Buka Lowongan Pramugara dan Pramugari

8 May 2024 - 14:15 WIB

Ilustrasi pramugari Lion Group (Syanti Mustika/detikTravel)
Trending di News