Menu

Mode Gelap

Terbaru · 7 Mar 2024 WIB ·

Jemput Peluang Emas di Tengah Penuaan Populasi Global, Ajakan dari Menaker


 Jemput Peluang Emas di Tengah Penuaan Populasi Global, Ajakan dari Menaker Perbesar

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dominasi jumlah penduduk usia produktif merupakan potensi yang dapat berubah menjadi bencana demografi jika tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja yang memadai, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ia menekankan bahwa saat ini terdapat banyak kesempatan kerja di luar negeri, terutama karena banyak negara mengalami penuaan populasi dan membutuhkan tenaga kerja muda untuk mengisi bidang pekerjaan tertentu. Menurutnya, ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan, baik bagi masyarakat Indonesia maupun negara-negara penerima.

Ida Fauziyah juga menyoroti minat negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi terhadap tenaga kerja Indonesia, yang menunjukkan potensi penempatan yang besar. Ia mendorong untuk menjemput peluang emas ini dengan efektif, dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

Pekerja Migran Indonesia (PMI) juga dianggap memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia dan memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan negara. Untuk mengoptimalkan peluang ini, perlu persiapan yang matang untuk menyelaraskan kompetensi PMI dengan kebutuhan negara tujuan serta memastikan proses penempatan dilakukan dengan baik baik di dalam maupun di luar negeri.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

110 Posisi yang Dicari di Austria, Kamu Termasuk?

22 July 2024 - 11:09 WIB

Ternyata! Di Slovakia, Libur-pun Masih Digaji 70%

15 July 2024 - 14:59 WIB

16 Lowongan Kerja Terbaru untuk Tambang Emas Dompu PT Sumbawa Timur Mining

15 July 2024 - 13:47 WIB

Astra International Buka Lowongan Kerja untuk S1 dan S2, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

15 July 2024 - 13:34 WIB

5 Lowongan Kerja di Yogyakarta Juli 2024 : Gaji, Syarat, Kualifikasi Lengkap

15 July 2024 - 13:22 WIB

Pelni Buka Lowongan Kerja, Usia 50 Tahun Bisa Daftar

12 July 2024 - 13:21 WIB

Trending di Lowongan Kerja