Menu

Mode Gelap

News · 20 Feb 2024 WIB ·

Menyelami BP2MI: Membahas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia


 Menyelami BP2MI: Membahas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Perbesar

BP2MI adalah badan yang bertugas sebagai pelaksana kebijakan dalam pelayanan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia secara terpadu, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia serta Peraturan Presiden Nomor 90 tahun 2019 tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Selain itu, regulasi lain yang terkait dengan hal ini adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

 

Maksud dari perlindungan Pekerja Migran Indonesia adalah segala upaya untuk melindungi kepentingan Calon Pekerja Migran Indonesia dan/atau Pekerja Migran Indonesia beserta keluarganya dalam mewujudkan terjaminnya pemenuhan haknya dalam keseluruhan kegiatan sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja dalam aspek hukum, ekonomi, dan sosial. Pelindungan sebelum bekerja mencakup aktivitas mulai dari pendaftaran hingga pemberangkatan.
Sementara pelindungan selama bekerja mencakup semua upaya untuk melindungi Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya saat berada di luar negeri.

Selain itu, pelindungan setelah bekerja juga penting dan mencakup semua aktivitas untuk memberikan perlindungan sejak Pekerja Migran Indonesia dan anggota keluarganya tiba di debarkasi di Indonesia hingga kembali ke daerah asal, termasuk pelayanan lanjutan untuk menjadi pekerja produktif. Perlindungan ini juga merupakan bagian dari aspek penting yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 90 tahun 2019.

Pelindungan Pekerja Migran Indonesia harus mengakomodasi kebutuhan mereka dalam segala aspek, termasuk aspek hukum, ekonomi, dan sosial. Oleh karena itu, BP2MI memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa hak-hak mereka terjamin dan perlindungan yang memadai diberikan, baik sebelum, selama, maupun setelah mereka bekerja di luar negeri.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Freeport Buka Lowongan Kerja. Gajinya Hingga Puluhan Juta per Bulan!

17 May 2024 - 13:53 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

17 May 2024 - 13:45 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

PELNI Buka Loker Besar – Besaran. Ini Syaratnya!

11 May 2024 - 11:49 WIB

Kepala PT Pelni Cabang Pangkalan Bun, Rony Abdullah (dua dari kiri) foto bersama staffnya di depan Kantor Pelni Cabang Pangkalan Bun. (FOTO: DANANG | borneonews)

Setelah Ferienjob Jerman, Kini Magang Hungaria yang Dilaporkan Bareskrim

8 May 2024 - 15:32 WIB

Ilustrasi Mahasiswa | Foto oleh Thư Tiêu

KAI Buka Rekrutmen Besar – Besaran. Cek Syaratnya!

8 May 2024 - 14:25 WIB

ilustrasi pramugari kereta api (kai.id)

Lion Grup Buka Lowongan Pramugara dan Pramugari

8 May 2024 - 14:15 WIB

Ilustrasi pramugari Lion Group (Syanti Mustika/detikTravel)
Trending di News