Menu

Mode Gelap

News · 29 Apr 2024 WIB ·

Negara-Negara Kepulauan Pasifik Krisis Tenaga Kerja


 Pemilik South Pacific Electrics, Maurice Masuino, yang terlihat bersama stafnya, Verenaisi Leinaleo Manaroto. | Istimewa Perbesar

Pemilik South Pacific Electrics, Maurice Masuino, yang terlihat bersama stafnya, Verenaisi Leinaleo Manaroto. | Istimewa

YOURJOBPEDIA.COM – Di tengah indahnya panorama Samudra Pasifik, kekurangan tenaga kerja telah menjadi sorotan utama bagi sejumlah negara Kepulauan Pasifik. Dari Vanuatu hingga Tonga, krisis ini telah mengguncang keberlanjutan ekonomi regional dan memunculkan keprihatinan akan masa depan industri kunci.

Vanuatu: Kekurangan Tukang Listrik

Maurice Masuino, pendiri South Pacific Electrics di Vanuatu, menyuarakan kesulitan dalam merekrut tukang listrik lokal. Sekitar 10% stafnya telah pergi ke Australia dan Selandia Baru untuk bekerja musiman, meninggalkan lubang yang cukup besar dalam keahlian yang diperlukan di rumah.

Skema Mobilitas Tenaga Kerja: Dilema dan Harapan

Skema mobilitas tenaga kerja telah menjadi daya tarik bagi warga Kepulauan Pasifik, menjanjikan gaji lebih tinggi dan stabilitas finansial. Namun, kepergian bakat lokal telah meninggalkan bisnis-bisnis dengan tantangan besar dalam mencari pekerja terampil.

Solusi dan Tantangan

Pemerintah di berbagai negara Kepulauan Pasifik sedang mencari solusi untuk mengatasi krisis ini. Vanuatu telah memperkenalkan visa darurat untuk pekerja asing, tetapi menghadapi kendala administratif. Sementara Samoa dan Tonga merencanakan kebijakan yang lebih ketat untuk memastikan pemulihan tenaga kerja yang berkelanjutan.

Jalan ke Depan: Kolaborasi dan Inovasi

Dengan tantangan yang kompleks, kerjasama antara pemerintah, bisnis, dan masyarakat menjadi kunci untuk menemukan solusi yang efektif. Perjalanan untuk mengatasi krisis tenaga kerja di Kepulauan Pasifik akan membutuhkan inovasi, komitmen, dan tekad yang kuat dari semua pihak terlibat.***

Sumber : ABC News

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Freeport Buka Lowongan Kerja. Gajinya Hingga Puluhan Juta per Bulan!

17 May 2024 - 13:53 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

17 May 2024 - 13:45 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

PELNI Buka Loker Besar – Besaran. Ini Syaratnya!

11 May 2024 - 11:49 WIB

Kepala PT Pelni Cabang Pangkalan Bun, Rony Abdullah (dua dari kiri) foto bersama staffnya di depan Kantor Pelni Cabang Pangkalan Bun. (FOTO: DANANG | borneonews)

Setelah Ferienjob Jerman, Kini Magang Hungaria yang Dilaporkan Bareskrim

8 May 2024 - 15:32 WIB

Ilustrasi Mahasiswa | Foto oleh Thư Tiêu

KAI Buka Rekrutmen Besar – Besaran. Cek Syaratnya!

8 May 2024 - 14:25 WIB

ilustrasi pramugari kereta api (kai.id)

Lion Grup Buka Lowongan Pramugara dan Pramugari

8 May 2024 - 14:15 WIB

Ilustrasi pramugari Lion Group (Syanti Mustika/detikTravel)
Trending di News