Menu

Mode Gelap

Blog · 8 Mar 2023 WIB ·

Yuk Lihat Peluang kerja di 7 Negara Eropa


 Yuk Lihat Peluang kerja di 7 Negara Eropa Perbesar

Belanda

Tidak perlu dipertanyakan lagi, Belanda memiliki perekonomian maju pada urutan kelima di Negara-Negara EU, dengan sektor keuangan dan teknologi yang berkembang pesat. Gaji minimum di Belanda saat ini sekitar €1,934 per bulan untuk pekerja berusia di atas 21 tahun, mulai 1 Januari 2023

 

Slovakia

Slovakia memiliki banyak potensi kerja terutama di sektor manufaktur, otomotif, IT, dan jasa. Terdapat banyak perusahaan internasional seperti Lear, Adient, Volkswagen, Kia Motors, dan IBM yang memiliki pabrik atau kantor di Slovakia, sehingga menawarkan banyak peluang kerja bagi tenaga kerja lokal maupun asing.

Gaji minimum di Slovakia saat ini sekitar €700/ bulan untuk pekerja berusia di atas 21 tahun.

Selain itu, Slovakia juga menjadi tujuan investasi bagi perusahaan-perusahaan dari Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat di sektor-sektor seperti otomotif dan elektronik. Pemerintah Slovakia juga memberikan insentif dan kebijakan yang mendukung investasi asing dan pengembangan industri.

 

Hungaria

Hungary adalah negara Eropa Timur yang menjadi destinasi dibukanya Pabrik-Pabrik Otomotif Eropa dan Amerika; dan terkini, BMW akan memusatkan Pembuatan Mobil Listriknya di Hungaria. Selain manufaktur, IT, jasa, dan perdagangan, Hungaria juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di eropa dimana Sungai Danube membelah Hungaria dan Ibukota Budapes.

Gaji minimum di Hungaria saat ini adalah HUF 232.000 per bulan atau €579/bulan; walaupun gaji Nampak terendah, tetapi Biaya Hidup Hungaria juga relative terkecil dibandingkan Negara Eropa lainnya.

Karena kebutuhan tenaga kerja yang tinggi, Hungaria memberikan Spesial Visa Kerja untuk Indonesia beserta 16 Negara lainnya dan hanya untuk Agensi tertentu yang disetujui Pemerintah Hungaria.

Polandia

Polandia adalah negara pertama di Eropa yang mendeklarasikan kebutuhan Tenaga Kerja Asing dari Dunia Ketiga diluar Polandia dan Negara-negara EU. Sehingga Polandia adalah negara dengan jumlah Pekerja Asing terbesar di Eropa, 770ribu ditahun 2021 meningkat 50% dari tahun sebelumnya dan  terbesar adalah di Sektor Manufaktur

Selain itu, Polandia juga memiliki sektor pariwisata yang berkembang pesat dengan banyaknya wisatawan yang datang ke kota-kota seperti Krakow dan Warsaw.

Gaji minimum di Polandia saat ini sudah sangat meningkat yaitu 3490 PLN/per bulan atau sekitar €806 ditahun 2023 untuk pekerja berusia di atas 18 tahun.

 

Kroasia

Kroasia menjadi Negara Schengen dan Negara Euro sekaligus pada 1 Januari 2023. Hal ini secara otomatis meningkatkan level gaji dan biaya hidup, terutama dengan berubahnya mata uang Kroasia dari Kuna menjadi Euro.

Industri terbesar Kroasia adalah Pariwisata, dimana setiap tahunnya Kroasia yang hanya 3,8 juta orang penduduk, menerima 19 juta Turis. Banyak spot-spot tempat pengambilan film di Kroasia, antara lain untuk film Games of Throne, Star Wars : Return of Jedi, Captain America, dan Mamma Mia

Banyak Obyek Wisata dan Pulau Pulau destinasi Pariwisata

Gaji minimum di Croatia di 2023 adalah € 700per bulan

 

Siprus

Siprus adalah anggota EU tetapi bukan anggota Schengen dan memiliki gaji rata-rata sekitar €940 di 2023. Negara ini memiliki perekonomian yang relatif kecil namun berkembang pesat dengan sektor yang penting meliputi pariwisata, jasa keuangan, dan perkapallan.

 

Rumania

Rumania adalah salah satu Negara EU tetapi bukan anggota Negara Schengen dan Euro. Banyak penduduk Rumania yang ber-imigrasi ke Wilayah Barat terutama karena budaya Gipsi nya.

Rumania memang memiliki tingkat ekonomi rendah dengan standar Ekonomi Eropa Barat, tetapi dibandingkan Indonesia, Rumania memiliki GDP 4x Indonesia.

Kontributor utama perekonomian Rumania adalah Sektor Pariwisata. Gaji minimum di Rumania di 2023 adalah RON 3000 atau  €609/bulan saat ini. Ditahun 2023, Pemerintah Rumania membuka kuota 100 Ribu Pekerja Asing dari Dunia ketiga untuk mengisi 160000 peluang kerja yang ada

Meski demikian, di sektor-sektor tertentu seperti IT dan manufaktur, gaji yang ditawarkan bisa jauh di atas gaji minimum. Terutama di kota-kota besar seperti Bukares, Cluj-Napoca, dan Timisoara, terdapat banyak perusahaan internasional yang menawarkan gaji yang relatif tinggi dan lingkungan kerja yang menarik bagi tenaga kerja asing yang berkualifikasi.

 

Nah itulah 7 negara di eropa dengan peluang kerja terbaik. Kunjungi yourjobpedia.com untuk info peluang kerja di luar negeri sesuai dengan kualifikasi dan minatmu.

Artikel ini telah dibaca 267 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Freeport Buka Lowongan Kerja. Gajinya Hingga Puluhan Juta per Bulan!

17 May 2024 - 13:53 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

17 May 2024 - 13:45 WIB

Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk SMA.

PELNI Buka Loker Besar – Besaran. Ini Syaratnya!

11 May 2024 - 11:49 WIB

Kepala PT Pelni Cabang Pangkalan Bun, Rony Abdullah (dua dari kiri) foto bersama staffnya di depan Kantor Pelni Cabang Pangkalan Bun. (FOTO: DANANG | borneonews)

Setelah Ferienjob Jerman, Kini Magang Hungaria yang Dilaporkan Bareskrim

8 May 2024 - 15:32 WIB

Ilustrasi Mahasiswa | Foto oleh Thư Tiêu

KAI Buka Rekrutmen Besar – Besaran. Cek Syaratnya!

8 May 2024 - 14:25 WIB

ilustrasi pramugari kereta api (kai.id)

Lion Grup Buka Lowongan Pramugara dan Pramugari

8 May 2024 - 14:15 WIB

Ilustrasi pramugari Lion Group (Syanti Mustika/detikTravel)
Trending di News