Menu

Mode Gelap

Blog · 8 Mar 2023 WIB ·

15 Teknik Time-Management


 15 Teknik Time-Management Perbesar

Manajemen waktu atau time-management adalah keterampilan yang penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kita dalam bekerja. Ada berbagai teknik time-management yang bisa membantu kita mengatur waktu dengan lebih efektif dan menghasilkan hasil yang lebih baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa teknik time-management yang bisa Anda coba untuk meningkatkan produktivitas Anda.

 

1. Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah teknik time-management yang didasarkan pada pengaturan waktu selama 25 menit untuk bekerja pada tugas tertentu, diikuti dengan jeda singkat selama 5 menit. Setelah 4 putaran, jeda yang lebih lama selama 15-30 menit bisa dilakukan. Teknik ini membantu menghindari kejenuhan dan meningkatkan fokus dalam pekerjaan.

 

2. Metode Eisenhower

Metode Eisenhower membantu memprioritaskan tugas berdasarkan penting dan mendesak. Tugas-tugas dibagi menjadi 4 kategori: penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, dan tidak penting dan tidak mendesak. Ini membantu kita mengidentifikasi tugas yang membutuhkan perhatian terlebih dahulu dan menghindari tugas yang tidak perlu.

 

3. Teknik Getting Things Done (GTD)

Teknik GTD membantu kita menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efektif dengan mengelola daftar tugas. Teknik ini membagi tugas menjadi beberapa kategori, seperti tugas yang harus diselesaikan segera, tugas yang bisa ditunda, dan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

 

4. Teknik Time-Blocking

Teknik time-blocking melibatkan pembuatan jadwal harian yang terstruktur, di mana waktu dibagi menjadi blok-blok waktu untuk tugas-tugas tertentu. Teknik ini membantu meningkatkan fokus dan membuat tugas terlihat lebih teratur dan mudah dikelola.

 

5. Teknik Pareto 80/20

Teknik Pareto 80/20 membantu kita fokus pada tugas-tugas yang paling penting dengan mengidentifikasi 20% dari tugas yang memberikan 80% hasil atau efek yang diinginkan. Ini membantu kita memprioritaskan tugas-tugas yang paling penting dan menghindari tugas yang tidak perlu.

 

6. Teknik Eat That Frog

Teknik Eat That Frog mendorong kita untuk menyelesaikan tugas yang paling sulit atau tidak menyenangkan terlebih dahulu. Dengan menyelesaikan tugas-tugas tersebut terlebih dahulu, kita merasa lebih produktif dan memiliki kepercayaan diri untuk menyelesaikan tugas-tugas yang lebih mudah.

 

7. Teknik One-Touch Rule

Teknik One-Touch Rule mengajarkan kita untuk menyelesaikan tugas secepat mungkin saat mereka muncul, sehingga menghindari penumpukan tugas dan menghemat waktu.

 

8. Teknik Time-Boxing

Teknik time-boxing melibatkan penjadwalan tugas dalam waktu tertentu dan mengalokasikan waktu yang tetap untuk setiap tugas. Ini membantu menghindari penundaan dan meningkatkan efektivitas waktu.

 

9. Teknik Task Batching

Teknik Task batching adalah teknik time-management yang melibatkan mengelompokkan tugas yang serupa menjadi satu blok waktu. Misalnya, menyelesaikan semua email dalam satu jam, membuat laporan dalam waktu dua jam, atau melakukan panggilan telepon selama satu jam. Teknik ini membantu kita memaksimalkan efisiensi dan menghindari gangguan yang tidak perlu.

 

10. Teknik Do It Now

Teknik Do It Now adalah teknik yang meminta kita untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil atau yang mudah dalam waktu singkat, sehingga tidak mengganggu konsentrasi kita pada tugas yang lebih besar atau lebih penting.

 

11. Teknik Time Audit

Teknik Time Audit melibatkan peninjauan aktivitas kita dalam satu periode waktu tertentu, misalnya satu minggu, dan mengevaluasi bagaimana kita menghabiskan waktu kita. Teknik ini membantu kita mengidentifikasi waktu yang terbuang sia-sia dan menemukan cara untuk memanfaatkan waktu dengan lebih efektif.

 

12. Teknik Parkinson’s Law

Teknik Parkinson’s Law menyatakan bahwa tugas akan mengembang untuk mengisi waktu yang tersedia untuk menyelesaikannya. Teknik ini mendorong kita untuk memberi batasan waktu yang ketat untuk menyelesaikan tugas, sehingga kita merasa terdorong untuk menyelesaikannya dalam waktu yang lebih singkat.

 

13. Teknik Outsourcing

Teknik Outsourcing melibatkan delegasi tugas-tugas yang tidak memerlukan keahlian khusus kepada orang lain. Ini membantu kita fokus pada tugas-tugas yang memerlukan perhatian pribadi dan meningkatkan efisiensi kerja kita secara keseluruhan.

 

14. Teknik Calendar Blocking

Teknik Calendar Blocking melibatkan penjadwalan tugas-tugas dalam kalender harian. Ini membantu kita memvisualisasikan waktu yang tersedia dan memprioritaskan tugas-tugas yang perlu diselesaikan dalam waktu tertentu.

 

15, Teknik Time-Tracking

Teknik Time-Tracking melibatkan pencatatan waktu yang dihabiskan untuk setiap tugas. Ini membantu kita memantau waktu yang dihabiskan untuk tugas tertentu dan menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi waktu.

 

Itulah beberapa teknik time-management yang bisa membantu Anda mengatur waktu dengan lebih efektif dan meningkatkan produktifitas Anda.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

7 Fakta Mengejutkan: Kasus TKI Ilegal ke Serbia Terungkap di Bandara Soetta

11 April 2024 - 08:44 WIB

Rahasia Sukses Bertahan Hidup di Ibu Kota! Pengalaman Sembilan Bulan Cari Kerja di Jakarta yang Wajib Kamu Ketahui!

5 April 2024 - 09:37 WIB

Mendunia di Laut: Jelajahi Kapal Pesiar dengan Honor Menggiurkan!

18 March 2024 - 10:13 WIB

Bekerja di Luar Negeri Sebelum Lulus Kuliah : Berikut 3 Kiatnya!

26 February 2024 - 13:25 WIB

6 Rahasia Sukses untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian di Luar Negeri

24 February 2024 - 13:26 WIB

Sulitnya Membangun Pasar PMI

17 April 2023 - 12:35 WIB

Trending di Blog