Menu

Mode Gelap

Tips & Trik · 24 Feb 2024 WIB ·

6 Rahasia Sukses untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian di Luar Negeri


 6 Rahasia Sukses untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian di Luar Negeri Perbesar

Mencari kerja di luar negeri merupakan impian bagi banyak fresh graduate dan tenaga kerja profesional di Indonesia. Perkembangan teknologi telah mempermudah proses pencarian pekerjaan di luar negeri, di mana sebagian besar tahapan rekrutmen dapat dilakukan secara virtual tanpa perlu kehadiran fisik.

Akses informasi tentang lowongan kerja di luar negeri pun semakin mudah melalui berbagai platform seperti aplikasi pencarian kerja, agen pencari kerja, media sosial, dan internet.

Meskipun menawarkan banyak keuntungan, seperti pengalaman karier, penghasilan tinggi, dan kesejahteraan hidup, mencari kerja di luar negeri memerlukan pertimbangan yang matang. Hal ini penting agar proses karier di luar negeri dapat berjalan dengan sukses.

Berikut tips mencari kerja di luar negeri:

  1. Pahami perbedaan bahasa Mencari kerja dan berkarier di luar negeri mungkin mengharuskan kita untuk berkomunikasi dalam bahasa lokal yang dipakai sehari-hari. Dalam hal ini, menguasai bahasa universal (bahasa Inggris) saja belum cukup, kita perlu memerhatikan atau mempelajari bahasa lokal yang dipakai dalam keseharian.
    Jika menemukan pekerjaan tertentu yang diminati, telusuri dan pelajari bahasa tersebut sampai mencapai tingkat keahlian yang cukup agar kita dapat dipertimbangkan sebagai kandidat potensial.
  2. Banyak riset seputar budaya kerja di negara tujuan Setiap perusahaan tentunya memiliki budaya tersendiri dalam proses rekrutmen karyawan pendatang. Segera cari tahu informasi sebanyak mungkin seputar budaya kerja di negara atau perusahaan tujuan. Cara ini mungkin bisa memuluskan jalan kita untuk berkarier di sana.
  3. Pahami perbedaan zona waktu Jika berencana untuk bekerja di luar negeri, pahami perbedaan zona waktu sedetail mungkin agar kita tidak melewati undangan wawancara kerja via online, baik lewat telepon atau video call.
    Penting juga untuk menyesuiakan diri dengan zona waktu lokal, apalagi di saat interview kerja berlangsung. Memahami zona waktu lokal di negara tujuan juga dapat membuat kita lebih mudah dalam proses adaptasi ketika kita sudah diterima untuk bekerja di sana.
  4. Memahami waktu libur atau hari besar yang berlaku Mirip seperti zona waktu, memahami waktu libur atau hari besar yang berlaku juga memudahkan kita untuk menyesuaikan jadwal kunjungan ketika sudah dalam proses rekrutmen lanjutan.
  5. Pahami perbedaan kondisi ekonomi, politik dan budaya Jangan cuma memikirkan soal gaji atau benefit yang didapat saat mencari kerja di luar negeri. Siapkan diri juga untuk memahami lingkungan kerja, kondisi perekonomian negara, kondisi politik hingga budaya dan jam kerja yang berlaku di negara tujuan.
    Cara ini merupakan satu hal penting agar kita lebih mudah beradaptasi dengan rekan kerja, lingkungan dan perusahaan tujuan jika nantinya diterima di perusahaan tersebut.
  6. Siapkan semua berkas agar proses mencari kerja semakin mulus Jika sudah berjodoh dengan perusahaan yang dilamar, maka dengan sigap kita harus menghitung waktu untuk menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan. Termasuk visa, pasport, izin tinggal atau surat izin kerja.
    Coba tanyakan apakah perusahaan yang dilamar dapat membantu kita dalam memenuhi persyaratan yang perlu dipenuhi. Hubungi pula kedutaan asing di Indonesia untuk mencari banyak informasi mengenai aturan ketenagakerjaan yang berlaku.
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Rahasia Sukses Bertahan Hidup di Ibu Kota! Pengalaman Sembilan Bulan Cari Kerja di Jakarta yang Wajib Kamu Ketahui!

5 April 2024 - 09:37 WIB

Bekerja di Luar Negeri Sebelum Lulus Kuliah : Berikut 3 Kiatnya!

26 February 2024 - 13:25 WIB

10 Tips Untuk Menjadi Karyawan Poduktif dan Efektif

8 March 2023 - 16:07 WIB

15 Teknik Time-Management

8 March 2023 - 15:48 WIB

10 Cara Menjadi Pekerja Tim yang Efektif dan Sukses

8 March 2023 - 15:42 WIB

9 Tips Mengelola Waktu yang Baik untuk Produktivitas di Kantor

8 March 2023 - 15:37 WIB

Trending di Blog